Tentang Prodi

Program Studi Ilmu Komunikasi merupakan salah satu dari 14 Program Studi baru yang ada di kampus Universitas Dharma Andalas. Pada Program Studi ini, terdapat dua peminatan, yaitu komunikasi korporasi dan media massa. Dengan menyelesaikan perkuliahan pada Program Studi Ilmu Komunikasi ini, mahasiswa diharapkanĀ  menjadi tenaga professional yang berkompten terutama untuk dua peminatan di atas.

Keselarasan akan pentingnya pengaplikasian visi dan misi Program Studi Ilmu Komunikasi terhadap mahasiswa akan menggiring mereka untuk menjadi akademisi maupun praktisi yang akan berkontribusi di masa yang akan datang. Kami dari pihak Program Studi Ilmu Komunikasi secara berkala akan tetap menjaga kualitas proses belajar mengajar dengan cara memperbaiki kurikulum yang ada sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh dunia kerja.

Kompetensi utama lulusan Program Studi Ilmu Komunikasi :

  1. Mampu memahami, menghayati dan mengamalkan nilai-nilai luhur budaya, agama, dan bangsa serta berwawasan nusantara dan memilki jiwa nasionalisme.
  2. Mampu memahami, menganalisa serta mengembangkan pengetahuan dan teknologi terkait bidang Ilmu Komunikasi
  3. Memiliki soft skill dan hard skill dalam pengetahuan dan teknologi Ilmu Komunikasi.
  4. Menguasai pengetahuan dan teknologi Ilmu Komunikasi untuk menunjang keilmuan komunikasi.
  5. Mampu menerapkan pengetahuan dan teknologi dalam bidang keahlian Ilmu Komunikasi secara aplikatif untuk menunjang keilmuan dan menyelesaikan permasalahan komunikasi.
  6. Memiliki kreativitas, kemandirian dan bertanggungjawab secara individu maupun kelompok.
  7. Memiliki daya saing tinggi di tingkat lokal dan nasional.

Melalui kompetensi utama ini diharapkan mahasiswa lulusan Prodi Ilmu Komunikasi UNIDHA memiliki rasa nasionalisme dan berbudaya yang tinggi, memiliki pengetahuan, memiliki keterampilan (hard skill & soft skill), serta memiliki sikap yang baik dalam menunjang kemampuan berkomunikasi.

Kompetensi pendukung lulusan Program Studi Ilmu Komunikasi :

Terkait dengan kompetensi utama, lulusan Prodi Ilmu Komunikasi UNIDHA yang terdiri dua peminatan diharapkan memiliki kompetensi pendukung seperti:

  1. Peminatan Humas
  • Mampu memahami dan menganalisis konsep dan teori dalam mengelola Hubungan Masyarakat.
  • Mampu mengenali dan memahami perkembangan kajian komunikasi di bidang Hubungan Masyarakat.
  • Mampu menjalin hubungan yang baik dengan masyarakat dan stakeholders serta shareholders baik internal maupun eksternal.
  • Mampu berpikir kritis, analitikal, dan bersikap professional.
  1. Peminatan Media Massa
  • Mampu memahami dan menganalisis perkembangan informasi dan komunikasi dalam media massa
  • Mampu menerapkan kemampuan jurnalistik dalam bidang kerja di media massa
  • Memberikan sumbangsih pemikiran terkait perkembangan media dan kaitannya dengan kehidupan masyarakat
  • Mampu berpikir kritis, kreatif dan inovatif

Kompetensi lainnya lulusan Program Studi Ilmu Komunikasi :

  1. Memahami dan menguasai proses komunikasi terkait membuat kebijakan komunikasi dalam kehumasan dan teknik jurnalistik dalam media massa.
  2. Menerapkan dan mampu mengatasi permasalahan dalam komunikasi terutama terkait kebijakan komunikasi dalam kehumasan dan teknik jurnalistik dalam media massa.
  3. Memahami, menguasai dan mampu menerapkan pendekatan pada masyarakat sebagai bentuk pengabdian dan pengamalan ilmu pengetahuan komunikasi dalam menggerakkan pembangunan masyarakat.

Memahami perilaku komunikasi masyarakat di sekitar terutama berkaitan dengan agama serta adat istiadat Minangkabau.