Pada masa pandemic covid-19 ini banyaknya terjadi perubahan –perubahan  salah satunya pada ranah pendidikan .Semua aktivitas di ranah pendidikan dilakukan secara online demi menghindari penyebaran virus covid-19.  Semua aktivitas kegiatan belajar salah satunya di perguruan tinggi hanya menggunakan metode kelas online melalui beberapa aplikasi seperti;google meet, zoom meeting, whatsapp , telegram dan banyak aplikasi lain lain untuk menunjang proses pembelajaran di masa pandemic ini.

meskipun kita  belajar secara online dan berkomunikasi melalui media sosial bukan berarti kamu tidak menggunakan etika ya . Apalagi berkomunikasi dengan dosen sendiri . Maka dari itu kamu wajib menggunakan etika yang benar dan sopan ketika sedang berkomunikasi dengan dosen.

Nah biar ngga bingung  dan salah paham , yuk simak tips tips berikut.

  1. Ucapkan salam terlebih dahulu .mahasiswa harus mengucapkan salam terlebih dahulu seperti; “selamat siang, assalammualaikum” sebagai pembuka pesan agar terlihat kesan positif.
  2. Perkenalan diri di awal,setelah mengucapakn salam mahasiswa harus melanjutkan dengan perkenalan diri di awal dan akhir komunikasi agar dosen tau dengan siapa ia sedang berkomunikasi  serta tidak lupa juga untuk menyampaikan tujuan yang jelas  dari komunikasi tersebut . contohnya ; “saya rani  (menyebutkan nomor mahasiswa )dari jurusan ilmu komunikasi  ingin mengumpulkan tugas b,.indonesia yang telah disampaikan pada pertemuan minggu ke 3 bersama bapak mata kuliah b.indonesia kelas a.”
  3. Menggunakan bahasa formal dan pemilihan kata yang tepat.dalam berkomunikasi dengan dosen melalui online seorang mahasiswa haruslah memakai bahasa yang baku dengan pemilihan kata yang tepat , agar tidak terjadinya kesalahpahaman antaara dosen dan mahasiswa sehingga pesan pun mudah dimengerti.contohnya ;menyebutkan kata “saya” ketika sedang berkomunikasi .
  4. Memilih waktu yang tepat. jika ingin berkomunikasi dengan dosen , mahasiswa harus tau waktu kapan saja yang baik untuk berkomunikasi dengan seorang dosen yang mana jadwalnya juga padat . maka dari itu lebih baik disesuaikan pada jam kerja
  5. Ucapkan kata maaf, mengucapkan kata maaf sebagai bentuk kerendahan hati dan sopab santun kepada dosen. Contohnya seperti;”mohon maaf mengganggu waktu ibu/ bapak”.
  6. Jangan mengirimkan spam chat atau spam panggilan.jika sebuah pesan yang dikirimkan oleh mahasiswa belum dibalas maka mahasiswa perlu bersabar untuk menunggu.kemungkinan dosen yang anda kirimkan pesan sedang ada kepentingan ataupun kesibukan dan mahasiswa juga harus mengerti dengan keadaan tersebut.
  7. Akhiri dengan ucapan salam dan terima kasih.sebelum mengakhiri komunikasi dengan dosen jangan lupa untuk mengucapkan salam dan kata terima kasih sebagai penutup pesan . seperti; terima kasih atas kesediaan waktu bapak/ ibu, assalammualaikum wr.wb.

Nah itu tadi tips berkomunikasi dengan dengan dosen dengan baik dan tepat, semoga bisa bermanfaat hehe  .

 

by Vadisa (Public Relations Executive Prodi Ilmu Komunikasi )

Leave a Comment